Home » , » Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor di SAMSAT Majenang, Cilacap

Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor di SAMSAT Majenang, Cilacap


B a g i  warga yang baik harus wajib bayar pajak negara, dari pajak perusahaan, pajak tanah atau pajak kendaraan.

Bagi yang mempunyai kendaraan harus setiap tahun membayar pajak kepada negara, karena terdapat undang-undangnya.

Misalkan pajak kendaraan roda dua atau sepeda motor yang banyak dimiliki masyarakat sekarang, dan dalam kenyataan masih banyak yang mempunyai kendaraan masih mangkir dan tidak memperdulikan pajak yang harus dibayar.

Jika kendaraan tidak bayar pajak setiap tahunnya maka kendaraan tersebut bisa dirazia saat dijalan oleh petugas polisi.

Membayar pajak kendaraan dilakukan di SAMSAT dan ada disetiap kota, dan salah satunya yang dijelaskan disini yatu di SAMSAT Majenang yang merupakan pembantu dari SAMSAT Cilacap.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor di SAMSAT Majenang, sebagai berikut;
  1. Lihat tanggal dan bulan di STNK kapan melakukan pajak kendaraannya.
  2. Siapkan KTP, STNK dan BPKB.
  3. Data KTP harus sama dengan STNK dan BPKB.
  4. Foto Copy KTP, STNK dan BPKB ( Bisa dilakukan di SAMSAT, tempat foto copy di bagian belakang SAMSAT Majenang), tinggal menyerehakan KTP, STNK, dan BPKB maka ditempat foto copy tersebut sudah tahu.
  5. Lakukan pendaftaran dengan menunjukan semua berkas tersebut yang asli maupun fotocopy ke ruang SAMSAT sebelum tempat Fotocopy, bisa lihat petunjuk arah yang ada. Tempat pendaftaran ada di ujung dalam ruangan tersebut ( ini dilakukan untuk mendaftar pajak sebelum membayar pajak tersebut).
  6. Jika sudah mendaftar, keluar ruangan tersebut dan masuk keruangan BPKB diluar ruangan pendaftaran, tunjukan Fotocopy KTP, STNK, dan BPKB asli, jika tidak bisa menunjukan BPKB asli maka bisa dikenakan biaya saat pengecekan.
  7. Kembali keruang pendaftaran, dan serahkan Fotocopy yang sudah didaftarkan sebelumnya ditempat sebelum pendaftaran karena ruangannya sama, maka setelah itu diberikan antrian, dan tunggu panggilan sesuai nomor antrian (Disini untuk proses pembayaran Pajak kendaraan tersebut).
  8. Tahap terakhir jika sudah membayar maka tinggal menunggu STNK yang bagian pajak. Biasanya dipanggil sesuai antrian yang saat bayar pajak.

Catatan:STNK yang difotocopy hanya bagian sebelah, karena ada 2 lembar didalam STNK, dan yang digunakan untuk bayar pajak hanya yang ada biaya pajak kendaraan.
Jika tidak tahu yang belum pernah bayar pajak di SAMSAT, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas atau sesama orang yang akan bayar pajak.
Diharapkan cukup dimengerti dari Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor di SAMSAT Majenang. silakan bertanya dalam komentar jika ada yang belum mengerti atau memberikan saran jika ada penjelasan yang kurang.

Terimakasih telah berkunjung untuk membacanya, semoga bermanfaat yang membutuhkan informasi ini.


AzaSkom
AzaSkom Updated at: 22:41

25 komentar:

  1. Selamat siang mas, sy mau bayar pajak tapi gak ada KTP yg sesuai STNK dan BPKB,soalnya sy sdh pindah domisili. Prosedur yg bener untuk bayar pajak dengan kasus seperti ini gimana y? Mohon pencerahan, terimakasih..

    ReplyDelete
  2. Selamat siang mas, sy mau bayar pajak tapi gak ada KTP yg sesuai STNK dan BPKB,soalnya sy sdh pindah domisili. Prosedur yg bener untuk bayar pajak dengan kasus seperti ini gimana y? Mohon pencerahan, terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas pertanyaan mas Fadluzzaman,
      untuk soal KTP yg tidak sesuai dengan STNK/BPKB, diusahakan jika STNK/BPKB tidak sesuai dengan KTP mas sendiri, coba hubungi orang yang ada di data STNK/BPKB tersebut dan minta fotocopy KTPnya.
      jika tidak bisa, coba cara lainnya yaitu coba mas ke SAMSAT untuk minta pengembalian nama di STNK/BPKB sesuai dengan data diKTP mas, dan lakuan pembayaran pajak sesuai prosedurnya,
      terimakasih, jika kurang jelas bisa ditanyakan lagi?

      Delete
  3. kalau mau balik nama dan tidak ada KTP pemilik motor sebelumnya (KTP tidak sesuai dengan STNK dan BPKB) bagaimana prosedurnya

    ReplyDelete
  4. Selamat malam,mau nanya apa bener kalo mau pajak MOTOR,ga perlu bawa BPKB,yang penting bawa STNK dan KTP,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mhn infonya jg untuk pajak mobil krn msh leasing apakah msh membutuhkan sp dari leasingnya jg?krn dibeberapa samsat ckp dg stnk dan fc ktp

      Delete
    2. Mhn infonya jg untuk pajak mobil krn msh leasing apakah msh membutuhkan sp dari leasingnya jg?krn dibeberapa samsat ckp dg stnk dan fc ktp

      Delete
  5. Tolong di perbaiki dan di permudah lagi syarat dan ketentuannya...

    ReplyDelete
  6. selamat sore..mudah"an ada respon dg pertnyaan saya..begini pak/bu..sya d tawari sepeda motor lengkap tp kondisi mati pajak kurang lebih 10thun..kebetulan sya gak tau pemilik pertama ada dmna..apakah bisa sya menghidupkan status motor itu atas nama sya sendiri guna membayar pajak..trims infonya..

    ReplyDelete
  7. Sekarang byr pajak tahunan ato 5 tahunan lbh mudah.cukup bw STNK sm KTP asli pemilik kendaraan. Ga perlu fotocopy / surat pengantar bank / leasing. Proses mudah dan cepat dan bebas pungli

    ReplyDelete
  8. Ada contact online samsat majenang ??

    ReplyDelete
  9. Kenapa kok harus bwa bpkb juga . Bukanya ktp asli n stnk asli sudah cukup.

    ReplyDelete
  10. Maaf pak..mau tanya serius, kalo perpanjang stnk plat z sumedang,..tapi di perpanjangnya di samsat majenang bisa ga pak..stnk sama bpkb ada..cuman ktpnya ga ada, soalnya saya beli motor stngah pake dulunya, trimakasih pak, minta solusinya

    ReplyDelete
  11. Slamt pagi mas saya hanifudin mo nanya berapa biaya perpanjangan stnk tnkb dan pajak yg telat bayar 2tahun mas

    ReplyDelete
  12. Selamat siang, saya mau tanya
    Motor saya 5 tahun mati pajak, saya mau bersin semua, cara urusnya gimaba ya? Sementar posisi saya sedang di kota dan motornya jg di saya. Terimaksih

    ReplyDelete
  13. Mau tya...motor saya telat 3tahun.klo mau pajak.hbs brp ya?syaratnya apa saja.mksh

    ReplyDelete
  14. Mau tya...motor saya telat 3tahun.klo mau pajak.hbs brp ya?syaratnya apa saja.mksh

    ReplyDelete
  15. Maaf mau nanya..saya pengin bayar pjk tp stnk hilang...almt orng yg distnk orng majenang..tp saya tdk tau rumahnya...trs posisi saya tinggal di cilacap...kira2 gmn solusinya pak..trmksih

    ReplyDelete
  16. Maaf mau tanya motor saya kan plat wonosobo kalo mau pajak di majenang bisa ga kan masih jawa tengah.

    ReplyDelete
  17. Selmat siang pak saya mau bayar pajak,apakah stlah sholat jumat buka lagi

    ReplyDelete
  18. Selmat siang pak saya mau bayar pajak,apakah stlah sholat jumat buka lagi

    ReplyDelete
  19. Selamat pagi pak saya mau bayar pajak tp saya di luarkota apakah saya bisa bayar lewat online pak.karena saya tidak sempat pulang kampung belum ada cuti kerja.

    ReplyDelete
  20. Selamat sore pak, saya plat R domisili bandung sudah bayar pajak di bandung melalui alfamart, tapi ada ketentuan dalam waktu 14 hari harus di tukar dengan surat pajak di samsat online jateng terdekat, kalo di majenang bisa pak?

    ReplyDelete
  21. Permisi, ini saya dari tawang sari bsok tgl 23 maret mau bayar pajak, berhubungan dengan kesalahan saya dlu yang tidak tau, karna saya pikir kalo stnk di laminating lbih aman, jadi saya laminating bersama bukti pembayaran pajaknya yang pertama, dulu pas bayar pajak yang ke 2 di tanyain "knapa spt ini??" Saya menjelaskan spt yang di atas, petugasnya hanya diam dan geleng" Kepala jadi saya mohon maaf. Terus ini utk pembayaran yang ke 3 nanti apa akan ada kendalanya?, saya harap nanti aman saja karna bukti pembayaran yg ke dua masih aman, cuma paling terhambatnya/ susahny pd proses tanda bukti cap di bagian kanan bawah yg ada 4 kolom. Mohon jawaban dan bimbingannya. Trimakasih

    ReplyDelete
  22. Maaf pa mau taya kli ambil sntk bisa diwakilkan tidak

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar atau pertanyaan secara sopan....