Home » , , » Perangkat yang terdapat di Balon Internet Google

Perangkat yang terdapat di Balon Internet Google

Google selalu terdepan dalam hal perkembangan teknologi masa kini, dan kini hadir Balon Internet Google yang merupakan proyek Loon.

Proyek Loon ini sudah dikembangkan dari 2011 oleh Google X yang merupakan ilmuan, dan diujicoba Juni 2013 dengan menerbangkan 30 di atas Selandia Baru.

Google telah mencoba menguji juga di Brazil pada Mei 2014 serta di Australia pada Desember 2014.

Apa saja perangkat yang didalam Balon Internet Google atau Balon Loon, begini yang diketahui;
  1. Membawa perangkat yang memancarkan koneksi internet 4G LTE dengan jangkauan 40Km, bisa dikatan BTS diangkasa.
  2. Loon diterbangkan dengan ketinggian 20Km diatas permukaan bumi dan jika dilihat dari lapisan bumi maka ada dilapisan Stratosfer yaitu lapisan yang anginnya bertingkat agar tidak mengganggu penerbangan.
  3. Menggunakan Software khusus yang digunakan menentukan posisi balon bergerak, dimana pergerakannya sesuai angin, tapi masih dapat diatus untuk membentuk jaringan komunikasi besar.
  4. Dibuat dengan bahan materiala khusus karena untuk menjaga tingkat suhu udara sesuai ketinggian dan melindungi radiasi sinar ultraviolet.
  5. Dapat ditiup seperti balon pada umumnya dan Google menyembutnya Ballon Envelope.
  6. Plastik yang dibuat dengan jenis Polyethylene oleh Revan Aerostrart, dengan tebal 0,076 mm, saat diisi helium dapat mengembang 15 m lebarnya dan 12 m tingginya.
  7. Dilengkapi pompa udara yang di beri nama Croce, dapat memompa agar terus mengembang.
  8. Terdapat kotak kecil beratnya 10 kg yang berisi papan sirkuit yang digunakan mengontrol sistem.
  9. Terdapat antena radio dan Ubiquiti Network Roket M2 dengan kegunaan untuk berkomunikasi antar balon yang lainnya serta BTS yang ada dibumi.
  10. Dapat menyimpan daya dengan menggunakan Solar Panel untuk beroperasi di malam hari, dan menggunakan Solar Panel dapat menyimpan daya 100 W.
  11. Satu unit Loon terbang hingga 500.000 km dengan bertahan selama 100 hari.
  12. Terdapat parasut untuk digunakan saat akan mendarat ke bumi dengan melepaskan gas agar bisa turun secara terkendali.
  13. Digunakan mekanisme yang rumit dimana Selalu berganti jika Loon keluar jalur maka balon lainnya diterbangkan untuk menggatikan posisi tersebut.
Begitu canggih setelah mengetahui bahan yang digunakan, dan dengan hadirnya Balon Internet Google jika setelah diterbangkan di atas permukaan bumi Indonesia pada tahun 2016 mudah-mudahan dibagian pelosok bisa memudahkan untuk mendapatkan akses internet.

Dan begitulah penjelasan tentang Perangkat yang terdapat di Balon Internet Google, selakan bisa berdiskusi pembahasan ini lewat komentar, dan terimasih telah berkunjung untuk membacanya.


AzaSkom
AzaSkom Updated at: 04:53

0 komentar:

Post a Comment

Silakan berikan komentar atau pertanyaan secara sopan....